Selasa, 14 Mei 2013

Konsep Organisasi dan Manajemen


  • Teori Manajemen
mencakup  hal-hal / segala sesuatu yang berhubungan dengan tugas dan fungsi manajerial termasuk organisasi.
  • Fungsi Manajemen
Menurut " HENRY FAYOL"
terbagi menjadi 6 (enam) yaitu :
  1.  Perencanaan (Planning), Pemilihan tujuan dan penetapan kebijakan prosedur dan program-program untuk mencapainya.
  2. Pengorganisasian (Organizing), Pengelompokan kegiatan yang harus dilakukan dan menetapkan bentuk serta hubungan.
  3. Penyusun Staff (Staffing), Pemilihan dan pelatihan orang untuk bekerja dalam organisasi.
  4. Pengkoordinasian (Coordinating), Penjadwalan kegiatan dalam urutan-urutan yang tepat.
  5. Pengarahan (Directing), Memimpin, memberikan pedoman, pengarahan serta pemotivasian orang dalam organisasi.
  6. Pengendalian (Controlling), Pengukuran prestasi dan penyimpangan dari rencana.
  • Tingkatan Manajemen
  1.  Menejemen Puncak
  2. Menejemen Menengah
  3. Menejemen Bawah
  •  Struktur Keorganisasian
Merupakan susunan sub sistem dengan hubungan wewenang dn tanggung jawab.
  •  Model Dasar 
  1. Struktur Hirarki
  2. Spesialisasi adalah Pembagian pekerjaan dalam tugas khusus.
  3. Lini adalah Wewenang perintah langsung dari fungsi-fungsi dari organisasi, biasanya digambarkan secara garis lurus,
  4. Staf adalah Berhubungan dengan kegiatan pendukung seperti analisis dan konsultasi, tidak ada wewenang untuk memerintah secara langsung, digambarkan putus-putus.
  5. Wewenang dan Tanggung Jawab adalah Hak untuk memerintah dan mengambil keputusan.
  6. Rentang Kendali (Span Of Control) adalah Menunjukan banyaknya bawaan yang diawasi oleh supervisor. 
  • Model Variasi
  1. Organisasi berdasarkan produk atau jasa
  2. Organisasi proyek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar