Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana sekelompok orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, teorganisasi, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumberdaya, sarana-prasarana, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai organisasi.
Definisi dan Manfaat Organisasi
Dapat didefinisikan sebagai suatu pengaturan orang-orang yang sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa pengaturan tersebut sudah kita ketahui terjadi di banyak bidang. Misal pada instansi sekolah, pemerintahan, kampus, bank. Semua dapat kita jumpai sehari-hari. Terdapat empat karakteristik utama dari sebuah organisasi, yaitu: tujuan, kumpulan orang, struktur, sistem dan prosedur.
Kumpulan Orang
Sangat jelas, tidak mungkin jika suatu organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri. Dari definisi diatas dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang, berarti minimal dua dan tidak ada batasan untuk banyaknya orang dalam suatu organisasi, yang memiliki tujuan bersama.
Struktur
Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya. Struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapi, karena terdapat struktur komando, siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang.
Suatu proses yang menjadi tempat sekelompok orang berinteraksi untuk mencapai tujuan perusahaan dan suatu rangka dasar yang menjadi tempat orang-orang melangsungkan kegiatannya untuk menerima dan menyimpan serta menglola informasi yang akan disajikan. organisasi mencalup susunan staff dan alokasi tugas dan tanggung jawab dalam mengolah data, memasok informasi untuk pembuatan keputusan. Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis. terdapat hubungan yang erat antara menejemen, organisasi, dan metode (tata kerja). Menejemen organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan suatu efisien.
- Organisasi sebagai sistem kerja sama
- Organisasi sebagai sistem tata hubungan kerja
- Organisasi dalam arti dinamis
- Organisasi dalam arti statis
- Organisasi sebagai proses pembagian tugas

- Organisasi menawarkan karier. Karier berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. Jika kita menginginkan karier untuk kemajuan hidup, berorganisasi dapat menjadi solusi yang sangat tepat.
- Organisasi dalam penuntun pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan akan lebih efektif dengan adanya organisasi yang baik.
- Organisasi dapat mengubah kehidupan masyarakat. Contoh dari manfaat ini ialah, jika organisasi bergerak di bidang kesehatan dapat membentuk masyarakat menjadi dan memiliki pola hidup sehat. Organisasi kepramukaan, akan menciptakan generasi muda yang tangguh dan ksatria. Organisasi perusahaan mencakup susunan staff dan alokasi tugas dan tanggung jawab dala pengolahan data, memasukkas data, memasok informasi untuk pembuatan keputusan.
- Organisasi sebagai cagar ilmu pengetahuan yang tidak ada tandingannya. Organisasi selalu berkembang seiring dengan munculnya fenomena-fenomena organisasi tertentu. Peran penelitian dan pengembangan sangat dibutuhkan sebagaai dokumentasi yang nanti akan mengukir sejarah ilmu pengetahuan.
Pengalaman berorganisasi
sebelumnya saya belum pernah mempunyai pengalaman berorganisasi, dan mungkin untuk kedepannya nanti saya akan ikut berorganisasi untuk mencari pengalaman dan memperbanyak teman serta belajar bagaimana cara berorganisasi yang baik dan benar.
daftar pustaka
artikel terkait definisi dan manfaat organisasi
buku teori organisasi umumsuryantarablog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar