Soal :
1.
Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
2.
Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3.
Jelaskan pendekatan
yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
4.
Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
Jawab :
1.
Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas, ketika seseorang berhubungan dengan pencaria,
pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi
memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang
mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga
jual rendah (low-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga
jual tinggi (high-involvement) proes
pengambilan keputusan dilakukan dengan perimbangan yang matang.
2.
Untuk
Mendesain bauran pemasaran, Mensegmen pasar bisnis, Memposisikan dan
Mendeferensiasikan produk, Melaksanakan analisis lingkungan, Mengembangkan
studi riset pasar.
3.
Terdapat tiga
pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen.
·
Pendekatan
pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam
perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.
·
Pendekatan
kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari
ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.
Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan
perilaku dan pembuatan keputusan konsumen.
·
Pendekatan
ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari
ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan
menguji coba model matematika berdasarkan hirari kebutuhan manusia menurut
Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi merketing terhadap pilihan
dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan
tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing
dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat
saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan
yang dihadapi perusahaan tersebut.
4.
Menurut
Kolter, Philip, Keller, Kevin Lane faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
·
Faktor budaya
·
Faktor sosial
·
Faktor
pribadi
·
Faktor
psikologi
Sedangkan menurut James F. Engel – Roger D
Blackwell – Paul W. Miniart dalam saladin terdapat tiga faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen :
·
Pengaruh
lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga da situasi.
·
Perbedaan dan
pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap,
kepribadian, gaya hidup, dan demografi.
·
Proses
psikologi, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan
perilaku.
5.
Tidak mudah
bagi para pembisnis menghadapi perilaku para konsumen yang beragam. Peristiwa
pemukulan yang dilakukan seorang pejabat disuatu daerah di Pulau Sumatra
terhadap seorang pramugari adalah contoh betapa peliknya permasalahan perilaku
konsumen di Indonesia. Bagaimana pun para konsumen ingin mendapatkan
penghargaan terhadap uang yang telah mereka keluarkan. Namun, pihak pembisnis
pun mempunyai prosedur yang tidak bisa dielakan.
·
Saling
untung, sudah seharusnya hubungan antara pembisnis dan konsumennya saling
menguntungkan dan bukan saling adu buntung. Mereka saling membutuhkan.
·
Menangani
keluhan, hal yang paling sering dihadapi oleh para pembisnis adalah keluhan
yang disampaikan kepada pihak konsumen. Perilaku konsumen yang memprotes
layanan atau barang yang dijajakan bisa sangat mengerikan.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar