Rabu, 26 Maret 2014

Quiz 3



Soal :
1.      Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
2.      Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3.      Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
4.      Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
5.      Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen ?
Jawab :
1.      Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas, ketika seseorang berhubungan dengan pencaria, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proes pengambilan keputusan dilakukan dengan perimbangan yang matang.
2.      Untuk Mendesain bauran pemasaran, Mensegmen pasar bisnis, Memposisikan dan Mendeferensiasikan produk, Melaksanakan analisis lingkungan, Mengembangkan studi riset pasar.
3.      Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen.
·        Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.
·        Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen.
·        Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirari kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi merketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.
4.      Menurut Kolter, Philip, Keller, Kevin Lane faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
·        Faktor budaya
·        Faktor sosial
·        Faktor pribadi
·        Faktor psikologi
Sedangkan menurut James F. Engel – Roger D Blackwell – Paul W. Miniart dalam saladin terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
·        Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga da situasi.
·        Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi.
·        Proses psikologi, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku.
5.      Tidak mudah bagi para pembisnis menghadapi perilaku para konsumen yang beragam. Peristiwa pemukulan yang dilakukan seorang pejabat disuatu daerah di Pulau Sumatra terhadap seorang pramugari adalah contoh betapa peliknya permasalahan perilaku konsumen di Indonesia. Bagaimana pun para konsumen ingin mendapatkan penghargaan terhadap uang yang telah mereka keluarkan. Namun, pihak pembisnis pun mempunyai prosedur yang tidak bisa dielakan.
·        Saling untung, sudah seharusnya hubungan antara pembisnis dan konsumennya saling menguntungkan dan bukan saling adu buntung. Mereka saling membutuhkan.
·        Menangani keluhan, hal yang paling sering dihadapi oleh para pembisnis adalah keluhan yang disampaikan kepada pihak konsumen. Perilaku konsumen yang memprotes layanan atau barang yang dijajakan bisa sangat mengerikan.

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar