1. Apa
yang dimaksud
dengan
produsen dan sebutkan pengkaterorian produsen ?
2. Apa
yang dimaksud
dengan
perilaku produsen ?
3. Apa
yang di maksud
dengan
fungsi
produksi ?
4. Apa
yang di maksud
dengan least cost combination ?
5. Bagaimana cara mengoptimalkan produksi ?
Jawab :
1.
Produsen
adalah orang-orang yang membuat dan menciptakan suatu barang. Dalam ekonomi,
produsen berarti orang-orang atau perusahaan yang membuat suatu barang untuk dijual
kembali sehingga memperoleh keuntungan.
Pengkategorian produsen :
· Produsen
· Distributor
· Agen
· Pengecer
2.
Perilaku
produsen adalah kegiatan pengaturan produksi sehingga produk yang dihasilkan
bermutu tinggi sehingga bisa diterma di masyarakat dengan menghasilkan laba.
Perilaku produsen dilakukan semata-,ata agar tidak merugikan produsen namun
juga tidak memberatkan konsumen. Dengan demikian daya konsumsi akan stabil
karena antara konsumen maupun produsen sama-sama saling membutuhkan. Perilaku
produsen dalam kegiatan perekonomian :
· Bagi masyarakat, Tanggung jawab
sosial produsen kepada masyarakat.
· Bagi pemerintah, Produsen merupakan
patner untuk menjalankan tugas pemerintah dalam mewujudkan tatanan masyarakat.
3.
Fungsi
produksi meliputi proses untuk mengelola input guna menghasilkan barang dan
jasa. Dimana outputnya yang dihasilkan juga dipengruhi oleh besarnya input dan
teknologi yang dihasilkan.
4.
Least
Cost Combination (LCC)
· Penggunaan kombinasi faktor produksi
dengan menggunakan biaya yang paling murah
· Syarat LCC : MRTS (marginal rate of
technical substitution), bila menambah salah satu input maka mengurangi
penggunaan input.
5.
Mengoptimalkan
produksi adalah upaya meningkatkan nilai dari suatu produksi. Seperti
meningkatkan kualitas produksi, jumlah prduksi, manfaat produksi, bentuk fisik
produksi, dsb.
Menurut saya, cara yang harus
dilakukan adalah sebagai berikut :
· Biaya yang digunakan harus dipandang
sebagai ketentuan potensial ( potensial profit), bukan pengeluaran atau ongkos
produksi yang memang harus dikeluarkan. Dengan demikian reduksi biaya produksi
melalui peningkatan efisiansi akan meningkatkan keuntungan.
· Setelah persepsi tentang biaya
produksi diatas berubah, menejemen harus melaksanakan aktivitas produksi
bernilai tambah (bukan sekedar mengubah input menjadi output) dengan jalan
berproduksi pada biaya produksi yang minimum. Dengan cara ini perusahaan akan
meningkatkan daya saing melalui strategi penetapan harga ( pricing strategy)
yang kompetitif dipasar.
· Keunggulan kompetitif produk dipasar
akan mengingkatkan pangsa pasar (market share) yang berarti akan meningkatkan
penerimaan total (TR) dari penjualan produk itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar